Saturday, February 22, 2020

Struktur Bumi dan Dinamikannya

A. Lapisan Bumi
Tiga komponen utama Bumi, yakni komponen gas yang disebut atmosfer, komponen padatan disebut litosfer, dan komponen air disebut hidrosfer. Selain ketiga komponen utama tersebut, Bumi juga memiliki komponen lainnya yaitu, sebagian Bumi berupa es disebut kriosfer dan bagian Bumi sebagai tempat  berlangsungnya  kehidupan disebut biosfer 

1. ATMOSFER (Udara)

Bumi adalah satu-satunya planet di Bima Sakti yang menunjang adanya kehidupan, karena makhluk hidup aerob memerlukan oksigen dari udara untuk bernapas. Udara terdapat pada bagian atmosfer (atmosphere). 

Atmosfer Bumi terdiri atas campuran dari gas, serta sedikit cairan dan padatan yang menyelimuti Bumi mulai dari permukaan Bumi hingga luar angkasa. 

Komposisi atmosfer bumi berupa campuran dari sebagian besar tersusun atas gas nitrogen, sebesar 78%. Oksigen menyusun 21% dan sebagian kecil lainnya adalah Karbon dioksida, argon, dan beberapa gas-gas lain.

a. Lapisan Atmosfer
Selain memiliki struktur lapisan bumi kebawah, struktur bumi juga memiliki struktur lapisan keatas yang kita sebut dengan lapisan atmosfer bumi yang terdiri atas 5 lapisan yaitu. Lapisan Troposfer, lapisan Stratosfer, lapisan Mesosfer, lapisan Termosfer, dan lapisan Eksosfer. Berikut karakteristik masing masing lapisan.
  1. Troposfer (0 dpl s.d. 10 Km dpl),Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang berada di bagian paling bawah. Ketinggian troposfer terhitung mulai dari permukaan laut (0 km) hingga 10 km di atas permukaan laut (dpl). Sebagian besar bagian troposfer berbentuk uap air dan 75% terdiri atas gas-gas atmosfer. Troposfer merupakan tempat berlangsungnya sistem Bumi, seperti hujan, angin, salju, dan awan.
  2. Stratosfer (10 Km dpl s.d. 50 Km dpl), Lapisan stratosfer memiliki sedikit awan, namun tidak ada aktivitas cuaca, sehingga tidak mengganggu penerbangan. Sebagian besar stratosfer terdiri atas gas ozon. Stratosfer memiliki ketinggian antara 10-50 km di atas permukaan laut (dpl).
  3. Mesosfer (50 Km dpl s.d. 58 Km dpl), Lapisan mesosfer membakar habis meteor. Lapisan mesosfer terletak pada ketinggian 50-85 km di atas permukaan laut (dpl). Lapisan ini menjadi lapisan pelindung Bumi dari benda-benda luar angkasa. Kebanyakan meteor yang menuju Bumi akan terbakar habis.
  4. Termosfer (58 Km dpl s.d 500 Km dpl), Lapisan termosfer memiliki suhu yang sangat panas yakni pada lapisan ini mencapai 1.982 derajat Celsius. Lapisan termosfer terletak pada ketinggian antara 85-500 km di atas permukaan laut (dpl). Lapisan ini sebagai tempat mengorbitnya teleskop Hubble dan pesawat ulang-alik dan berfungsi sebagai pelindung Bumi dari radiasi ultraviolet.
  5. Eksosfer (di atas 500 Km dpl), Lapisan eksosfer terdapat pada ketinggian lebih dari 500 km dpl. Kandungan utama dari eksosfer adalah gas hidrogen. Berfungsi sebagai orbit pesatar ruang angkasa.
Lapisan Atmosfer Bumi | LITA GEO's

Manurut penjelasan para ahli, lapisan atmosfer bumi dibagi menjadi dua bagian, yaitu: lapisan atmosfer bagian bawah yang dimulai dari permukaan bumi sampai dengan ketinggian sampai sekitar 50 km. Pada regional ini digunakan oleh para ahli untuk mempelajari ilmu meteorologi dan geofisika. 

Kemudian lapisan atmosfer kedua adalah lapisan atmosfer bagian atas yang dimulai dari 50 km sampai lapisan atmosfer teratas. Pada bagian ini para ahli mepelajari ilmu aeronomi dan penerbangan.

b. Tekanan Udara
Gas yang terdapat di atmosfer juga memiliki massa. Atmosfer menyelubungi Bumi hingga ratusan kilometer di atas permukaan Bumi. Gravitasi Bumi akan menghasilkan gaya tarik molekul gas mengarah ke permukaan Bumi, sehingga berat molekul suatu gas akan menekan udara di bawahnya. Akibatnya, molekul udara di dekat permukaan Bumi lebih rapat. Udara yang memiliki kerapatan tinggi ini akan menghasilkan gaya tekan yang besar pula. Gaya yang diberikan pada suatu daerah disebut tekanan. Ketika kita mendaki gunung, atau berada di daerah pegunungan, kita merasakan kesulitan untuk bernapas seperti biasa. Hal tersebut terjadi karena di daerah yang lebih tinggi, jumlah molekul udara termasuk oksigen semakin sedikit sehingga semakin tinggi semakin kecil tekanan udaranya

c. Suhu Atmosfer
Tidak semua gas penyusun atmosfer mudah menyerap energi Matahari. Beberapa lapisan atmosfer tertentu memiliki molekul gas yang sulit menyerap energi Matahari. Dengan demikian, suhu di tiap lapisan atmosfer berbeda-beda



2. BATUAN (Litosfera
Litosfera berasal dari bahasa Yunani yakni lithos (batuan) dan sphaira (lapisan). Jadi, litosfer merupakan lapisan batuan yang ada di Bumi. Dalam pengertian luas, litosfer diartikan sebagai seluruh bagian padat Bumi, termasuk intinya. Struktur padat Bumi terdiri atas kerak Bumi, mantel, dan inti Bumi. 

Dengan diameter bumi sebesar 7.926 mil. Bumi memiliki setidaknya ada 4 lapisan bumi yang menjadi penyususn bumi yang saat ini kita tinggal diatasnya. Plate bumi ini memiliki 4 jenis lapisan, yaitu: kerak bumi, selimut bumi, inti luar dan inti dalam bumi.


3. AIR (Hidrosfera)
Hidrosfer merupakan lapisan air yang menyelimuti Bumi. Hidrosfer tidak hanya meliputi perairan yang luas seperti laut dan Samudra serta air di danau, sungai, air tanah, dan uap air yang ada di udara. Musibah yang selama ini sering kita alami yang berkaitan dengan air adalah banjir. Ini menunjukkan pemanfaatal alam yang tidak sesuai peruntukannya


UJI KOMPETENSI

Berikut materi tambahan yang berkaitan dengan Tata Surya: 

No comments:

Post a Comment